X
    Categories: Blog

Pengertian Internet, Sejarah, Beserta Dampak Internet

Pengertian Internet Serta Dampaknya Terhadap Masyarakat Sekarang

Pengertian Internet

Table Of Content

πŸ”΄ Pengertian Internet Dari Beberapa Ahli
πŸ”΄ Sejarah Internet Secara Singkat
πŸ”΄ Dampak Negatif dan Positif Internet Terhadap Masyarakat
πŸ”΄ Dampak Internet Terhadap Kehidupan Sosial
πŸ”΄ Dampak Positif Internet terhadap Kehidupan Sosial
πŸ”΄ Dampak Negatif Internet terhadap Kehidupan Sosial
πŸ”΄ Dampak Internet terhadap Ekonomi dan Bisnis
πŸ”΄ Dampak Positif Internet Terhadap Ekonomi dan Bisnis
πŸ”΄ Dampak Negatif Internet terhadap Ekonomi dan Bisnis
πŸ”΄ Dampak Internet Terhadap Dunia Pendidikan
πŸ”΄ Dampak Positif Internet Terhadap Pendidikan
πŸ”΄ Dampak Negatif Internet Terhadap Pendidikan
πŸ”΄ Kesimpulan :

Pengertian Internet – Dampak dengan adanya internet di masyarakat benar-benar sudah terasa. Bukan hanya lapisan atas saja yang sekarang bisa merasakan manfaat dari teknologi ini. Hampir semua lapisan masyarakat sudah menggunakan serta mendapatkan manfaat internet. Namun, tidak semua dari mereka tahu pengertian internet. Apalagi jika diminta untuk menjelaskan perkembangan hingga dampak positif dan negatifnya. Hanya beberapa orang yang mungkin memahami hal ini.

Tentu itu hal yang wajar. Biasanya, yang menjelaskan secara lebih detail adalah seorang ahli. Mereka adalah orang-orang yang mencurahkan seluruh waktu dan pikiran untuk mengetahui suatu hal.

Namun, bukan berarti orang biasa tidak perlu tahu pengertian internet, sejarah internet, dan juga perkembangan internet. Mereka yang memahami hal ini akan mampu memiliki pemahaman bagaimana arah teknologi internet ini ke depannya nanti. Dengan cara ini, mereka bisa memprediksi bagaimana perubahan dunia di zaman yang akan datang.

Memprediksi bukan perkara yang mudah. Namun, dengan kemampuan memperdiksi, Anda akan mampu mempersiapkan diri terhadap perubahan-perubahan yang bakal terjadi. Dan kemampuan beradaptasi inilah yang membedakan orang hebat dengan orang yang biasa-biasa saja.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi Anda untuk mengerti pengertian internet lengkap dengan sejarah serta perkembagannya. Perubahan yang terjadi dalam masyarakat akibat adanya internet sudah sangat terasa. Dan perubahan-perubahan semacam ini sudah bisa dipastikan akan terus terjadi.

Pengertian Internet dari Beberapa Ahli

Pengertian Internet – Internet sering dianggap sebagai jaringan yang menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya. Benarkah seperti itu? Lalu bagaimana dengan device yang saat ini lebih banyak digunakan seperti smartphone? Itu juga device yang ada internet-nya kan? Lalu, apa definisi dari internet ?

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa cermati pengertian internet menurut para ahli berikut ini:

1 . Allan

Pengertian Internet Menurut – Allan memberikan definisi internet sebagai sekumpulan jaringan yang dihubungkan, antara satu komputer dengan komputer lain. Proses menghubungkan antar komputer tersebut dilakukan dengan memanfaatkan Internet Protocol atau IP. Selain itu, digunakan juga TCP atau Transmission Control Protocol. Protocol tersebutlah yang membuat sebuah komputer bisa terkoneksi dengan komputer lainnya. Itulah yang kemudian disebut dengan jaringan internet.

2 . O’Brien

O’Brien memiliki pandangan yang berbeda mengenai definisi internet. Menurutnya, internet adalah jaringan komputer yang digunakan untuk industri bisnis, Pendidikan, dan juga pelayanan pemerintahan. Pengertian dari O’Brien ini lebih sederhana dan sesuai dengan perkembangan penggunaan internet saat ini.

3 . Sarwono

Sarwono menjelaskan internet dari segi sejarah dan perkembangannya. Bagi Sarwono, internet adalah jaringan yang digunakan dalam skala global, tidak lagi jaringan yang hanya digunakan untuk kepentingan militer. Oleh sebab itu, Sarwono lebih jauh lebih menjelaskan bahwa tidak ada satu orang pun yang bisa bertanggungjawab atas keberadaan internet. Hal ini disebabkan internet digunakan oleh siapapun dan di manapun mereka berada.

4 . Sibero

Sibero menjelaskan perbedaan antara jaringan komputer dan internet. Bagi Sibero, internet itu menghubungkan komputer secara global. Sementara itu, jaringan komputer biasa bisa dibuat secara lokal. Dan itu bukan disebut dengan internet.

Agar bisa menghubungkan secara global, maka dibutuhkan apa yang disebut dengan IP atau TCP (Internet Protocol atau Transmission Control Protocol). IP atau TCP inilah yang membedakan antara jaringan internet dengan jaringan komputer lokal.

5 . Supriyono

Supriyono lebih sederhana sekali dalam memjelaskan pengertian internet. Bagi dirinya, internet itu koneksi antar komputer dengan memanfaatkan perangkat komunikasi seperti contoh telepon dan satelit. Dalam proses koneksi tersebut, digunakan IP/TCP, sistem operasi, dan aplikasi yang berbeda.

Sebenarnya, masih banyak sekali ahli yang memiliki definisi tersendiri dari apa yang disebut dengan internet. Akan tetapi, ada beberapa kesamaan. Yang pertama, internet itu menghubungkan antara device satu dengan yang lainnya, entah itu berupa komputer ataupun komputer genggang yang juga disebut dengan smartphone.

Yang kedua, untuk menghubungkan antar device, dibutuhkan konektor yang disebut dengan IP atau TCP. Dengan teknologi inilah device bisa dikoneksikan. Yang ketiga, device harus memiliki software dan hardware tertentu untuk bisa terkoneksi dengan device lainnya.

Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Internet

Jauh sebelum adanya internet, sebenarnya sudah ada inisiatif untuk membuat sebuah alat komunikasi antara satu orang dengan orang lain. Pada abad ke 19 misalnya, sudah ada apa yang disebut dengan telegraf. Bisa dikatakan inilah alat komunikasi paling canggih pada saat itu. Jauh sebelum ditemukan internet, orang sudah menggunakan alat komunikasi yang satu ini.

Baca Juga : Pengertian Fiber Optic | Apa Itu Fiber Optic | Fiber Optic Adalah

Akan tetapi, orang tidak puas dengan teknologi telegraf. Ada satu kelemahan. Telegram tidak bisa dijadikan alat komunikasi yang luas. Muncullah ide bagaimana agar alat komunikasi ini bisa menghubungkan lebih banyak orang. Kendalanya ada di satu hal, yaitu kebal. Pasalnya, telegraf ini membutuhkan penghubung berupa kabel.

Baca Juga :Β  Test Kecepatan Internet IndiHome

Pemikiran yang revolusioner muncul pada tahun 1960. Seorang ilmuan bernama J. C. R, Licklider mengusulkan gagasan yang dikenal dengan Man-Computer Symbiosis atau simbiosis komputer-manusia. Melalui gagasan tersebut, sang ilmuan memiliki gagasan untuk menghubungkan antar manusia dengan menggunakan komputer. Jadi, komputer digunakan sebagai alat atau media. Sementara itu, ada data penyimpanan informasi yang begitu besar yang kemudian bisa diakses di setiap komputer. Dari ide tersebutlah muncul karya yang dinamakan dengan On-Line Man-Computer Communication atau komunikasi manusia-komputer dalam jaringan).

Selang sekitar 2 tahun kemudian, Licklider ditawari sebuah pekerjaan di divisi pertahanan Amerika Serikat. Di sinilah perkembangan jaringan internet menjadi luar biasa.

Siapa sangka jika pada awalnya internet yang hanya digunakan untuk militer. Dan hanya militer negara Amerika Serikat saja yang menggunakannya. Tujuannya tidak lagi untuk pertahanan negara adidaya tersebut.

Tepatnya pada tahun 1969, Departmen Pertahanan Amerika Serikat membuat sebuah proyek yang dinamakan dengan ARPA (Advanced Research Project Agency). ARPA inilah yang kemudian mengembangkan sebuah jaringan internet pertama kali di dunia. Pada saat itu, jaringan dinamakan dengan ARPANET yang menjadi singkatan dari Advanced Research Project Agency Network. Pada project tersebut, mereka mampu mengembangkan UNIX. Ini adalah hardware dan software yang menjadi cikal bakal munculnya internet.

Pada saat itu, belum ada yang mengenal internet. Yang ada adalah ARPANET. Dengan menggunakan UNIX, Departmen Pertahanan Amerika Serikat mampu membuat sistem jaringan komputer. Pada awalnya, hanya ada 4 situs yang bisa dihubungkan. Keempat situs tersebut adalah situs Universitas Riset Standford, Universitas California, Universitas Utah, dan Santa Barbara. Project yang mulai pada tahun 1969 tersebut akhirnya secara umum diperkenalkan kepada publik pada tahun 1972.

Jaringan komputer pada saat itu hanya digunakan untuk keperluan militar. Jaringan dibuat untuk mendukung kebutuhan informasi yang cepat antar wilayah yang vital. Akan tetapi, dalam perkembangannya, muncul beberapa universitas yang juga membutuhkan konektivitas seperti itu. Hingga akhirnya ARPANET dibagi menjadi dua. Yang pertama MILNET untuk kebutuhan militer dan ARPANET untuk kebutuhan non militer, seperti pendidikan di universitas. Keduanya memiliki nama gabungan yang disebut dengan DARPA Internet. Hanya saja, orang secara umum lebih mengenalkan sebagai internet mulai tahun 1982.

Dari sinilah semakin lama semakin banyak pengguna internet. Mulailah diperkenalkan nama domain yang disebut juga dengan DNS atau domain name system. Ini digunakan agar nama alamat jaringan internet sama. Dalam perkembangan sejarah internet sampai sekarang, internet tidak lagi menjadi konsumsi orang tertentu. Hanya semua orang sekarang terhubung melalui internet.

Dampak Negatif dan Positif Internet Terhadap Masyarakat

Pada awalnya, internet memberikan dampak yang sangat positif. Seperti yang sudah Anda ketahui mengenai sejarah internet, ini adalah sebuah teknologi yang dibuat dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi antar manusia.

Sayangnya, ketika internet sudah digunakan oleh siapa saja, muncul banyak sekali dampak negatif internet. Bisa dikatakan ini adalah efek buruk. Sama seperti obat. Obat digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Tapi tetap saja setiap obat ada potensi dampak buruk atau efek samping yang bisa terjadi, bukan?

Itulah yang terjadi sekarang. Internet telah merubah kehidupan sosial. Banyak sekali dampak positif internet. Akan tetapi, harus diakui tidak sedikit juga dampak negatifnya.

Dampak Internet Terhadap Kehidupan Sosial

Ketika sebuah teknologi digunakan secara masif oleh masyarakat, sudah bisa dipastikan ada dampak yang terjadi. Ini sebagai respon dari penggunaan sebuah teknologi. Dulu, ketika belum ada internet, bisnis pos menjadi sangat penting. Sekarang, orang bisa mengirimkan pesan atau informasi dalam waktu sekejap saja. Tidak perlu menunggu hingga berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Di satu sisi, internet membuat kemudahan. Namun, di sisi yang lain, ada hal buruk yang terjadi.

Dampak Positif Internet terhadap Kehidupan Sosial

Perubahan besar terjadi ketika ada internet. Setidaknya, berikut ini dampak positif dari internet yang selaras dengan perubahan yang ada di kehidupan sosial.

1 . Terjalin Silaturahmi

Dampak Positif Dari Internet – Manusia adalah makhluk sosial. Mereka butuh berkomunikasi. Sayangnya, jarak membuat komunikasi terhambat. Maka dari itu, dibutuhkan alat.

Dulu, alat yang digunakan untuk berkomunikasi ketika ada jarak antar pengirim dan penerima adalah dengan menggunakan pos. Ada yang lebih canggih lagi dengan menggunakan telegraf, telegram, dan juga ponsel. Sekarang, dengan adanya internet, komunikasi lebih mudah lagi.

Apalagi di era media sosial seperti saat ini. Media sosial dianggap sebagai cara menjalin silaturahmi secara virtual. Dan ini kebutuhan utama manusia sebagai makhluk sosial. Media sosial ini tidak akan sepopuler seperti saat ini jika manusia tidak membutuhkan menjalin silaturahmi dengan teman ataupun saudara. Dan media sosial tidak akan ada jika tidak ada internet.

Hampir semua orang sekarang menggunakan media sosial. Terutama anak-anak muda, mereka menjalin silaturhami dengan saudara jauh dengan memanfaatkan media sosial. Jarak seolah tidak lagi menjadi hambatan untuk bertegur sapa dan berkomunikasi untuk memperkuat tali silaturahmi.

2 . Berteman Lebih Mudah

Dulu, Anda bisa berteman dengan orang baru ketika bertemu. Sekarang, tanpa harus bertemu, Anda bisa berteman dengan siapapun. Dengan adanya internet, Anda bisa berteman dengan siapa saja. Bahkan dengan orang yang tidak Anda kenal.

Sekarang, pertemanan tidak harus dijalin dengan pertemuan fisik terlebih dahulu. Pertemuan bisa dilakukan secara virtual dengan menggunakan media sosial. Anda bisa melihat profil orang lain dan meminta ijin untuk menjalin pertemanan.

3 . Lebih Mudah Mendapatkan Informasi

Dengan adanya internet, orang bisa mendapatkan informasi lebih mudah. Dulu, sepertinya hanya orang-orang tertentu yang mengkonsumsi berita. Pasalnya, hanya mereka yang punya uang saja yang mampu membeli atau berlangganan koran setiap hari. Kini, portal berita online bisa diakses secara mudah dan gratis dengan hanya menggunakan gadget yang tersambung dengan internet.

Begitu juga dengan informasi lainnya, seperti info jual beli barang. Inilah dampak positif internet yang paling dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

Secara umum, tiga poin itulah manfaat internet bagi masyarakat. Teknologi terus berkembang. Dan perkembangannya selalu berdasarkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Maka dari itu, sepertinya mulai sekarang hingga tahun-tahun mendatang orang tidak lagi lepas dari internet.

Dampak Negatif Internet terhadap Kehidupan Sosial

Selain dampak positif, ada juga beberapa dampak negatif dari internet seperti berikut ini:

1 . Kurang Bersosialisasi di Dunia Nyata

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, internet membuat perilaku masyarakat berubah. Sekarang, mereka bisa menggunakan media sosial sebagai media bersilaturahmi secara virtual. Media sosial dimanfaatkan untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan sesama.

Hal ini memberikan dampak buruk. Faktanya, banyak orang yang justru tidak terlalu mementingkan lagi sosialisasi di dunia nyata. Karena sudah merasa cukup bersosialisasi di dunia maya, banyak pengguna internet yang tidak lagi melakukan sosialisasi secara nyata seintens seperti orang dahulu kala.

Ini bisa dilihat dari beberapa anak muda sekarang ini. Mereka lebih sering bercengkerama dan mengobrol dengan teman melalui media internet. Namun, jarang sekali mereka bermain dengan teman-temannya yang berada dekat dengan rumahnya.

2 . Munculnya kejahatan baru

Bisa dikatakan inilah dampak terburuk dari adanya internet. Banyak sekali jenis kejahatan baru. Misalnya saja pembobolan kartu ATM. Karena semua orang bertransaksi secara mobile, muncul celah di mana penjahat bisa mencuri tanpa harus masuk ke rumah korban pencurian. Pencuri hanya perlu hack atau membobol kartu rekening.

3 . Penipuan

Selain kejatahan berupa pencurian, banyak juga terjadi penipuan. Ada banyak sekali modus yang digunakan. Misalnya saja jual beli barang yang ternyata barang tidak sesuai dengan yang dijelaskan di website atau toko online. Banyak juga situs scam, yaitu situs yang hanya untuk mendapatkan uang dari calon korban saja.

Itulah fakta yang terjadi. Besarnya dampak positif internet ternyata juga memunculkan dampak negatif.

Dampak Internet terhadap Ekonomi dan Bisnis

Dari berbagai sektor yang ada, yang paling terpengaruh dari kemunculan internet adalah sektor ekonomi dan bisnis. Bahkan, bisa dikatakan sektor inilah yang paling pertama memanfaatkan internet.

Jika dulu industri besar saja yang menggunakan internet, kini hampir semua jenis bisnis memanfaatkan internet. Namun, ada juga imbas buruk dari fenomena ini.

Dampak Positif Internet Terhadap Ekonomi dan Bisnis

Kenapa pelaku bisnis menggunakan internet? Karena banyak sekali manfaat internet untuk bisnis. Setidaknya 3 hal berikut ini menjadi rangkuman dari berbagai manfaat internet di sektor ekonomi.

1 . Waktu dan Biaya Lebih Efisien

Bisnis itu tentang profit. Dan cara mendapatkan profit adalah dengan menetapkan harga juga sebuah produk di atas harga modal yang digunakan. Semakin tinggi margin-nya, maka semakin besar keuntungan yang didapatkan.

Sayangnya, menaikkan harga terus menerus bukan cara yang tepat. Apalagi jika muncul kompetitor dengan harga yang lebih murah. Menaikkan harga berarti siap kehilangan customer.

Oleh sebab itu, cara lain dilakukan, yaitu dengan menekan biaya modal. Ini bisa dilakukan dengan cara mengurangi kuantitas atau kualitas bahan yang digunakan. Dan sekarang, cara yang paling cerdas untuk menurunkan biaya modal adalah dengan menurunkan biaya marketing dan juga biaya distribusi. Di sinilah peran internet terasa.

Setelah adanya internet, pelaku bisnis tidak harus beriklan mahal di TV, koran, ataupun membuat baliho. Mereka bisa memanfaatkan media sosial, blog, ataupun media internet lainnya yang jauh lebih murah dan efektif. Bahkan, tidak jarang pebisnis yang menggunakan media sosial gratis, tanpa melakukan iklan berbayar.

Dengan cara ini, maka biaya marketing bisa ditekan. Dan ketika ia berhasil dilakukan, maka pebisnis berani untuk menurunkan harga dengan tanpa mengurangi kualitas produk. Hal ini disebabkan pebisnis bisa melakukan efisiensi untuk biaya marketing.

2 . Pemasaran lebih Efektif

Selain efisiensi biaya marketing, pebisnis juga bisa lebih efektif dalam melakukan proses yang satu ini. Sebelum internet, marketing hanya bersifat satu arah. Pebisnis membuat iklan yang sifatnya hanya memberitahukan.

Sekarang, pemasaran bersifat interkatif. Pebisnis beriklan dan calon konsumen bisa bertanya hingga akhirnya closing atau terjadi penjualan. Di sinilah perubahan perikalu konsumen di era digital. Dan ini dampak positif di bidang ekonomi yang dirasakan oleh para pelaku bisnis.

Dengan promosi sekaligus interaksi, maka muncul engagement atau hubungan antara pebisnis dengan konsumen. Dengan cara ini, konsumen semakin tertarik dan percaya untuk melakukan transaksi.

3 . Kerja Tim Lebih Optimal

Dalam bisnis, ini tidak hanya berkaitan penjualan atau hanya sekedar hubungan antara penjual dan pembeli. Di dalam sebuah perusahaan, pasti ada tim yang bekerja secara bersama-sama. Tim yang kuat akan menjadikan perusahaan luar biasa.

Internet memberikan peran yang penting dalam membangun tim. Dengan adanya internet, komunikasi antar tim bisa lebih baik. Bahkan, mereka tidak perlu bertatap muka secara langsung untuk bisa berada di dalam satu tim yang solid.

Makanya, sekarang ini banyak sekali perusahaan yang memiliki tim yang tidak selalu bertemu setiap hari. bahkan, ada juga yang timnya tersebar di berbagai tempat dan bahkan negara yang berbeda. Ini tidak lagi menjadi masalah karena internet bisa menyatukan mereka dalam dunia maya. Dan ini bisa membuat kekuatan tim semakin solid.

Tentu ada lagi dampak positif internet untuk bisnis. Namun, tiga poin di atas sepertinya sudah menjadi rangkuman atas semua manfaat internet untuk dunia bisnis.

Dampak Negatif Internet terhadap Ekonomi dan Bisnis

Dampak negatifnya tak kalah luar biasa dibandingkan dengan dampak positif. Apa saja itu?

1 . Penipuan

Ini yang menjadi isu beberapa tahun belakangannya. Setelah masyarakat tidak lagi ragu untuk bertransaksi secara online, ada celah di mana orang bisa melakukan penipuan. Dan itu sudah sering terjadi. Banyak orang yang menipu masyarakat dengan berbagai cara. Yang paling sering terjadi adalah menipu dengan iming-iming keuntungan yang besar ketika mereka ikut dalam sebuah bisnis online.

Di sisi lain, ada juga transaksi penipuan. Misalnya saja seseorang membeli barang di toko online. Namun, barang yang sampai tidak sesuai dengan gambar di toko online.

Untuk mengantisipasi masalah ini, maka dibuatlah sistem. Selain itu, pemerintah membuat regulasi untuk memastikan transaksi secara online aman. Kalaupun terjadi penipuan, ada payung hukum agar pelaku bisa dijerat denga pasal-pasal tindak pidana maupun perdata.

2 . Persaingan Semakin Ketat

Dari segi pebisnis, mungkin ini juga dianggap sebagai kerugian adanya internet. Ketika internet muncul, setiap orang punya akses untuk belajar berbisnis. Bahkan, ketika dulu orang harus belajar mahal untuk bisa membuat sebuah produk, kini mereka bisa belajar secara murah dan bahkan gratis dari internet. Hal ini membuat munculnya kompetitor yang jumlahnya sangat banyak.

Apa akibatnya? Bisnis pun semakin ketat. Mereka yang sudah menjadi raja di bidang tertentu belum tentu bisa terus menjadi raja. Bahkan, banyak perusahaan yang besar yang gulung tikar karena pendatang baru.

3 . Perang Harga

Karena munculnya kompetitor yang jumlahnya tidak sedikit, maka terjadilah perang harga. Produk yang sama dengan merk yang berbeda bisa dijual dengan harga yang berbeda. Dan untuk mendapatkan konsumen, maka setiap produsen berusaha untuk memberikan harga yang paling murah. Inilah yang disebut dengan parang harga.

Bagi konsumen, ini hal yang baik. Namun, bisa juga menjadi hal yang buruk. Karena dengan adanya perang harga, ada kemungkinan kualitas produk diturunkan. Karena bagaimanapun juga produsen tidak ingin rugi. Dan konsumenlah yang pada akhirnya mendapatkan imbasnya.

Dampak negatif dan positif internet di bidang bisnis tidak bisa dihindari. Yang harus dilakukan adalah bagaimana memaksimalkan manfaat sekaligus meminimalisir munculnya dampak buruk internet.

Dampak Internet Terhadap Dunia Pendidikan

Sesuai dengan sejarah internet, sebenarnya yang paling mendapatkan manfaat internet pada awalnya adalah militer dan universitas. Jadi, sektor pertahanan dan juga pendidikan yang merasakan manfaat dari internet.

Hanya saja, seiring berjalannya waktu, seolah-olah sektor bisnis yang paling mendapatkan manfaatnya. Lalu, lambat laun sektor pendidikan mulai lagi memanfaatkan internet untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan.

Dampak Positif Internet Terhadap Pendidikan

Ada banyak sekali dampak positif dari internet untuk pendidikan. Di antaranya sebagai berikut:

1 . Kualitas Pendidikan Semakin Merata

Salah satu isu pendidikan di berbagai negara adalah pendidikan yang tidak merata. Mereka yang berada di kota besar mendapatkan fasilitas pendidikan lebih baik dibandingkan yang berada di daerah terpencil.

Sekarang tidak. Dengan adanya internet, orang dari pedesaan pun bisa mendapatkan kesempatan merasakan pendidikan yang terbaik. Tidak ada bedanya lagi pendidikan di desa dan di kota.

2 . Pengetahuan Lebih Mudah Diakses

Buku tidak lagi menjadi satu-satunya jendela dunia. Jika dulu buku menjadi satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sekarang ada internet yang menjadi alternatifnya. Bisa dikatakan internet menjadi jendela yang begitu besar di mana siswa bisa melihat dunia lebih luas lagi.

3 . Biaya Pendidikan Lebih Murah

Pendidikan menjadi mahal karena fasilitas yang harus dipenuhi. Misalnya saja sekolah harus menyiapkan buku. Dan pembelian buku butuh dana yang sedikit.

Kini, biaya membeli buku bisa dipangkas. Buku bisa dibuat secara virtual dengan ebook sehingga siswa tidak perlu beli. Mereka hanya perlu download. Selain itu, banyak juga referensi ilmu pengetahuan di internet.

1 . Metode Pembelajaran Lebih Menarik

Dengan adanya internet, guru lebih kreatif. Guru bisa mengajarkan dan menjelaskan sebuah materi dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Mereka bisa mengambil sumber apapun di internet lalu mengkombinasikan sehingga menjadi materi pembelajaran yang lebih menarik. Guru bisa membuat materi secara digital yang membuat siswa lebih mudah memahami materi.

2 . Metode Pembelajaran Jarak Jauh

Ini yang sedang dan akan terus terjadi. Pendidikan tidak lagi harus dilakukan dengan cara masuk ke dalam ruang kelas. Pengajaran bisa dilakukan secara virtual. Memang ini belum bisa dilaksanakan secara keseluruhan di Indonesia. Namun, ada kemungkinan sebagian besar proses pembelajaran suatu saat ini akan menggunakan metode yang satu ini.

Dampak Negatif Internet Terhadap Pendidikan

Adakah dampak buruk internet bagi Pendidikan? Sebenarnya, bukan untuk pendidikan melainkan untuk peserta didik. Siswa yang notabene adalah anak muda bersinggungan dengan internet. Dan ternyata ada banyak dampak internet bagi siswa yang cukup mengkhawatirkan.

1 . Kecurangan Meningkat

Ketika tes kenaikan kelas tiba, dulu biasanya siswa melakukan kecurangan dengan menuliskan catatan kecil di kertas. Kini, modusnya sebagai canggih. Mereka membawa ponsel pintar ke dalam kelas. Dan jawaban apapun yang dibutuhkan bisa mereka dapatkan dengan cara browsing di internet.

2 . Kebiasaan Plagiat Tinggi

Dulu, menyontek jawaban teman sangat dilarang. Kini, dengan adanya internet, siswa bisa menyontek jawaban yang ada di internet. Begitu juga ketika membuat sebuah karya, seperti karya tulis. Banyaknya sumber di internet membuat mereka bisa melakukan plagiat. Dan karyanya tersebut dikumpulkan di meja guru.

3 . Pelajar Semakin Malas

Karena sudah ada ponsel pintar, banyak siswa yang malas mencatat. Mereka tinggal memotret tulisan yang ada di papan tulis. Ada juga yang tinggal cari referensi lalu copypaste. Ini membuat otak siswa tidak terpacu untuk berpikir.

4 . Rasa Hormat kepada Guru Berkurang

Bisa dikatakan ini dampak terburuk internet bagi pendidikan. Karena merasa tahu segalanya dengan mengandalkan internet, guru seolah-olah tidak ada gunanya. Ini membuat rasa hormat siswa kepada guru tidak setinggi siswa di zaman dahulu.

Tentu tidak semua siswa saat ini kurang menghormati guru. Namun, fenomenanya demikian. Banyak siswa yang tidak menaruh hormat pada guru. Setidaknya mereka tidak sehormat seperti siswa di zaman ketika belum ada internet.

Itulah sedikit penjelasan dari pengertian internet,Β  sejarah internet lengkap dengan dampak positif dan negatifnya. Yang menjadi PR sekarang ini adalah bagaimana setiap orang bisa memanfaatkan internet semaksimal mungkin dan berusaha meminimalisir keburukan yang ditimbulkan.

Keyword: Pengertian Internet, Sejarah Internet, Dampak Internet

Kesimpulan :

Setiap kekurangan pasti ada kelebihan yang akan di peroleh, begitupun dengan internet ada dampak negatif dan ada juga dampak posifitnya, Semua bagaimana kita dalam menjalankannya, Dampak positif dari internet lebih banyak jika kita bisa memanage semua dengan baik.

Untuk memenuhi kebutuhan internet dirumah kamu bisa pasang wifi indihome online, indihome sudah menggunakan teknologi fiber optic yang akan memenuhi kebutuhan internet rumahan indihome anda
Baca Juga : Berapa Biaya Pasang Wi-Fi IndiHome

IndiHome:

This website uses cookies.