X

Bisa Nonton Netflix Di IndiHome ? | Cara Daftar & Biaya Langganan Netflix

Nonton Netflix Di Indihome Cara Daftar dan Biaya Berlangganan Netflix

Netflix Di Buka Telkom IndiHome

Kabar gembira untuk para pelanggan Indihome karena nonton Netflix di Indihome sekarang sudah bisa dilakukan lagi. Telkom Group akhirnya membuka blokir Netflix pada IndiHome mulai selasa, 07 Juli 2020.

Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo mengatakan jika Netflix sudah menunjukkan komitmennya untuk serius bisa diterima oleh masyarakat Indonesia lewat berbagai langkah-langkah yang dilakukannya. Oleh sebab itu kini tayangan hiburan Netflix sudah bisa diakses kembali pada jaringan Telkom Group. Indihome, Telkomsel, Wifi.id misalnya.

Kehadiran Netflix di Indonesia tak ubahnya seperti berkah bagi para pecinta film. Memangnya apa itu Netflix? Netflix sendiri sejatinya merupakan layanan yang memungkinkan para penggunanya untuk menonton tayangan kesukaan di manapun, kapanpun, dan melalui media apapun.

Netflix ibarat seperti toko penyewaan DVD. Tetapi menawarkan film digital di dunia maya. Selain itu Netflix bisa juga disamakan dengan layanan video berbayar di YouTube. Mirip dengan langganan televisi berbayar atau TV kabel.

Namun sayangnya Netflix sempat tidak bisa dibuka pake Indihome dan jaringan internet Telkomsel. Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah kenapa kasus seperti ini bisa terjadi?

Alasan Nonton Netflix di Indihome Belum Bisa

Bukan rahasia lagi jika layanan video berbasis permintaan asal Amerika Serikat Netflix diblokir oleh Telkom Grup. Hal ini membuat para pengguna jaringan Telkom tidak bisa menikmati semua hiburan yang ditawarkan Netflix. Melihat kondisi tersebut, pada akhirnya Netflix pun angkat bicara.

Leigh Wong selaku Head of Communications Netflix di Asia Tenggara mengaku tengah berunding dengan perusahaan pelat merah tersebut. Ternyata pemblokiran tersebut karena hal-hal yang berkaitan dengan bisnis. Oleh sebab itulah dibutuhkan kesepakatan antara pihak Netflix dan Telkom Grup untuk membuat layanan Netflix kembali tersedia di jaringan internet Telkom.

Sementara itu dalam kesempatan lain, Dirut Utama PT Telkomsel Indonesia (Telkom) Tbk, Ririek Ardiansyah juga menjelaskan soal alasan kenapa pihaknya memblokir layanan streaming Netflix.

Secara bisnis sebenarnya Telkom ingin membuka akses ke layanan streaming Netflix. Pihak Telkom terpaksa menutup dari 2016 karena ada beberapa alasan yang mendasarinya. Beberapa alasan tersebut adalah:

  1. Perlindungan konsumen dan konten

Alasan pertama kenapa Telkom memblokir Netflix adalah soal perlindungan terhadap konsumen. Pasalnya ada sejumlah konten Netflix yang dianggap belum sesuai dengan budaya masyarakat Indonesia.

  1. Telkom buka peluang layanan Netflix bisa diakses

Pada dasarnya Telkom ingin membuka blokir terhadap layanan Netflix. Telkom membuka peluang agar layanan perusahaan asal AS ini bisa diakses oleh pengguna Indihome maupun Telkomsel.

  1. Netflix bakal melakukan penyesuaian konten

Jika Netflix sudah menyesuaikan kebijakan terhadap konten-kontennya, bisa dipastikan layanan streaming ini bisa diakses lewat Indihome serta Telkomesl.

Lebih lanjut Ririek mengungkapkan jika semua gap ini bisa diatasi. Maka pihak Telkom akan segera membuka blokirannya.

Alasan Telkom Buka Blokir Netflix

Layanan streaming Netflix sejatinya cukup lama diblokir oleh Telkom Grup. Tercatat pemblokiran tersebut dimulai sejak tahun 2016 silam. Akibatnya akses ke Netflix tidak bisa dilakukan oleh para pengguna Telkom Grup. Misalnya seperti Indihome, Telkomsel, maupun wifi.id.

Kabar baiknya kini Telkom IndiHome sudah membuka blokir Netflix. Dengan kata lain, buka netflix di Indihome, Telkomsel, maupun wifi.id bisa dilakukan secara legal. Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah apa alasannya sehingga pihak Telkom mau membuka blokiran terhadap Netflix?

Menurut Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo menjelaskan jika pihak Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan oleh pihak Netflix untuk pasar Indonesia. Itulah kenapa kini pihaknya memberi kesempatan para pelanggan TelkomGroup untuk mengakses beragam konten hiburan di Netflix.

Pendekatan yang dimaksud di sini adalah pihak Netflix menunjukkan komitmennya untuk serius dapat diterima oleh masyarakat Indonesia lewat langkah-langkah yang dilakukannya. Misalnya saja seperti ketersediaan tools dalam sistem untuk perbatasan akses atas tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur pelanggan atau parental control.

Termasuk dalam hal ini adalah sesegera mungkin mendengar masukan dan bersedia untuk menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam kurun waktu 24 jam. Atau sesuai dengan kurun waktu yang sudah ditentukan oleh pihak yang berwenang.

Apa Itu Netflix?

Baru-baru ini Netflix sering sekali diperbincangkan di dunia maya. Hal ini dikarenakan perusahaan asal AS ini akhirnya membuka layanannya di Indonesia. Nah, untuk Anda yang masih bingung dan bertanya-tanya apa itu Netflix, Anda sudah berada di tempat yang sangat tepat. Pasalnya pada ulasan kali ini akan membahasa semua hal yang berhubungan dengan Netflix itu sendiri.

Di atas tadi sebenarnya sekilas sudah disinggung apa itu Netflix. Pada dasarnya Netflix merupakan perusahaan asal Amerika Serikat yang menyediakan layanan streaming film dan acara TV Show Favorit.

Berkenaan dengan prinsip kerjanya sebenarnya sama seperti YouTube. Artinya Anda butuh koneksi Internet yang memadahi untuk bisa melakukan streaming dengan lancar. Lalu apakah ada yang berbeda antara Netflix dan YouTube?

Jika pada saat mengakses YouTube Anda akan disuguhkan dengan jutaan video yang diunggah oleh para pengguna YouTube lainnya, beda halnya di Netflix. Jika Anda berlangganan Netflix, Anda hanya akan disuguhkan Film atau Acara TV Show Internasional saja.

Artinya dengan kata lain Netflix ini seperti layanan TV kabel. Jika Anda berlangganan, Anda bisa menonton semua konten yang disediakan. Nantinya Anda bisa memilih film maupun acara mana yang ingin Anda tonton. Bebas iklan, bisa di-pause, rewind, dan forward layaknya seperti nonton DVD.

Baca Juga : Cara Berlangganan IndiHome

Cara Daftar dan Cara Bayar Netflix

Setelah lebih dari 4 tahun Netflix diblokir oleh Telkom, per tanggal 07 Juli 2020 akhirnya pihak Telkom membuka akses ke Netflix bagi seluruh pelanggannya. Kondisi tersebut secara otomatis membuat streaming Netflix di Indihome tanpa vpn.

Netflix akan memberikan layanan secara gratis pada satu bulan pertama. Setelah satu bulan, barulah Anda diharuskan untuk membayar jika ingin melanjutkan berlangganan. Tetapi untuk Anda yang ingin menikmati semua konten yang disediakan Netflix, Anda diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu.

Nah, untuk Anda yang ada ketertarikan untuk menggunakannya, seperti inilah cara daftar Netflix terbaru:

1. Buka situs Netflix

Hal pertama kali yang harus Anda lakukan adalah buka situs resmi Netflik terlebih dahulu di netflix.com.

2. Cek pilihan paket yang tersedia

Setelah masuk ke situs Netflix, langsung saja cek pilihan paket yang tersedia. Caranya klik tombol See The Plans untuk melihat pilihan paket yang tersedia di Netflix. Sementara itu beberapa pilihan paket Netflix antara lain:

· Mobile. Paket ini hanya bisa digunakan pada 1 smartphone saja.

· Basic. Paket ini bisa digunakan pada 1 perangkat apapun.

· Standard. Paket ini bisa digunakan pada 2 perangkat apapun.

· Premium. Paket ini bisa digunakan pada 4 perangkat apapun.

3. Membuat akun

Cara membuat akun di Netflix adalah dengan klik tombol Continue. Setelah itu masukkan email dan buat password baru. Nah, untuk Anda yang tidak ingin diganggu e-mail promosi dari Netflix, caranya adalah centang kotak yang ada di sebelah tulisan “Please do not email me Netflix special offers”.

4. Setup metode pembayaran

Pada dasarnya Netflix tidak akan menarik uang atau tagihan pada kartu kredit Anda kecuali Anda lupa cancel langganannya sebelum satu bulan. Meskipun demikian, Anda tetap diharuskan untuk mengisi metode pembayaran.

Jadi yang harus Anda lakukan pada tahapan ini adalah mengisi detail kartu kredit atau debit Anda. Dalam hal ini kartu kartu kredit yang bisa digunakan adalah jenis yang didukung oleh Visa, MasterCard, dan American Express. Namun jika tidak memiliki kartu kredit, Anda pun bisa menggunakan Virtual Credit Number atau VCN.

Netflix memang tidak akan menarik uang sepeserpun pada bulan pertama setelah Anda mendaftar. Tetapi jika sudah melewati satu bulan dan tidak meng-cancel-nya, maka secara otomatis kartu kredit Anda akan di-cas oleh pihak Netflix.

5. Isi detail kartu kredit atau VCN

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Anda tidak akan di-cas sepeserpun pada bulan pertama. Jadi isi saja kolom ini. Dan jika Anda tidak memiliki kartu kredit, Anda bisa menggunakan VCN. Bank-bank besar di Indonesia kini sudah menyediakan layanan VCN.

6. Mulai menonton

Jika Anda sudah menyelesaikan tahapan-tahapan di atas, artinya pendaftaran Netflix Anda sudah berhasil. Artinya Anda tinggal ikuti instruksi di tahap-tahap selanjutnya. Selain nonton dari PC maupun Laptop, Anda juga bisa nonton Netflix lewat aplikasinya di perangkat mobile. Anda tinggal download aplikasi Netflix pada dan install di mobile Anda.

Cara Berhenti Langganan Netflix

Di atas sangat jelas dikatakan jika Anda akan digratiskan selama satu bulan pertama. Nah, untuk Anda yang ditengah jalan memutuskan untuk berhenti berlangganan Netflix, seperti ini cara stop langganan di Netflix:

1. Login ke Netflix.

2. Setelah itu klik arah panah yang ada di pojok kanan atas dekat nama profil.

3. Kemudian klik Account.

4. Di bawah Membership an billing, Anda klik tombol Cancel membership yang berwarna abu-abu.

5. Untuk mengakhirinya, klik Finish concellation untuk berhenti berlangganan Netflix.

Jika Anda stop langganan sebelum satu bulan, ternyata Anda tetapi bisa menikmati semua hiburan yang tersedia di Netflix hingga periode satu bulan gratisnya habis.

Biaya Berlangganan Netflix

Untuk Anda yang ada keinginan berlangganan Netflix, ada beberapa paket yang bisa Anda pilih. Berbeda jenis paket pastinya berbeda pula biaya berlangganan Netflix yang harus Anda bayar setiap bulannya. Nah, untuk lebih jelasnya lagi Anda bisa melihat detailnya di bawah ini:

1. Basic

Paket basic ini hanya bisa digunakan pada satu perangkat saja. Artinya hanya ada 1 layar yang bisa ditonton diwaktu yang sama. Paket basic ini bisa dilihat di laptop, PC, TV, ponsel, dan tablet. Bisa dibatalkan kapan saja. Paket ini gratis untuk bulan pertama.

Jika Anda memilih paket basic ini layanan Netflix yang bisa Anda nikmati adalah film dan program TV unlimited. Kemudian untuk biaya berlanggananan paket Basic ini adalah Rp 109 ribu per bulannya.

2. Standard

Paket standard ini hanya bisa digunakan pada 2 perangkat saja. Artinya hanya ada 2 layar yang bisa ditonton diwaktu yang sama. Paket standard ini bisa dilihat di laptop, PC, TV, ponsel, dan tablet. Bisa dibatalkan kapan saja. Paket ini gratis untuk bulan pertama. Paket ini tersedia dalam tayangan HD.

Jika Anda memilih paket standard ini layanan Netflix yang bisa Anda nikmati adalah film dan program TV unlimited. Kemudian untuk biaya berlanggananan paket Standard adalah Rp 139 ribu per bulannya.

3. Paket Premium

Paket premium ini hanya bisa digunakan pada 4 perangkat apapun. Artinya ada 4 layar yang bisa ditonton diwaktu yang sama. Paket premium ini bisa dilihat di laptop, PC, TV, ponsel, dan tablet. Bisa dibatalkan kapan saja. Paket ini gratis untuk bulan pertama. Paket ini tersedia dalam tayangan HD.

Jika Anda memilih paket premium ini layanan Netflix yang bisa Anda nikmati adalah film dan program TV unlimited. Kemudian untuk biaya berlanggananan Paket Premium adalah Rp 169 ribu per bulannya.

Perbedaan paling mendasar dari ketiga paket yang ditawarkan di atas tadi adalah dari segi kualitas resolusi video yang ditayangkan. Selain itu dari segi jumlah perangkat yang bisa digunakan untuk menonton secara bersamaan.

Persamaannya adalah setiap paket menawarkan promo gratis berlangganan selama satu bulan. Tetapi yang lebih menarik sebenarnya adalah tidak ada perbedaan akses ke konten Netflix baik untuk paket Basic, Standard, maupun Premium.

Biaya Langganan Netflix Paket Smartphone

Tepatnya pada Desember 2019, Netflix membawa paket ponsel ke Indonesia. Sebagaimana yang diumumkan melalui akun Twitter resminya. Dengan biaya berlangganan yang lebih jauh lebih murah seperti ini, diharapkan paket smartphone atau paket ponsel ini mampu meningkatkan pelanggan Netflix di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia.

Pasalnya pada tahun 2020 ini Netflix terancam kehilangan hampir empat juta lebih pelanggannya di pasar AS. Hadirnya layanan streaming baru seperti HBO Now, Disney+, dan Apple TV disebut sebagai penyebab utamanya.

Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah berapa biaya langganan paket smartphone ini? Pihak Netflix menetapkan harga Rp 49 ribu untuk bisa menikmati semua layanan streaming yang disediakannya.

Tetapi dikarenakan biaya berlangganan yang sangat murah, fitur-fitur yang ditawarkan pun relatif terbatas. Selain hanya bisa digunakan untuk menikmati konten yang ada di Netflix, paket ini hanya bisa digunakan oleh satu pengguna smartphone saja. Meskipun demikian, paket ponsel ini menyediakan film dan acara TV tanpa batas sama seperti paket Netflix lainnya.

Kenapa Netflix Booming?

Tentunya bukan tanpa alasan kenapa Netflix begitu booming, bahkan di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Netflix begitu populer di kalangan masyarakat:

1. Konten original milik Netflix

Netflix terus berupaya untuk membuat perbedaan dengan layanan-layanan sejenis. Salah satu yang paling berhasil adalah dengan membuat konten original buatan Netflix. Hal ini membuat konten tersebut tidak bisa ditonton dilayanan lainnya.

2. Tidak hanya sekedar film dan serial TV

Memang film dan serial TV masih menjadi sorotan utama dari tayangan Netflix. Padahal sebenarnya layanan streaming ini memiliki konten yang lebih dari sekedar itu. Jika Anda menelusuri kontennya lebih jauh, Anda akan dikejutkan dengan beragamnya konten yang dimiliki Netflix.

3. Tidak ada iklan

Netflix tetaplah Netflix sejak awal didirikan. Tidak akan ada iklan yang mengganggu kenyamanan Anda pada saat menyaksikan sebuah tayangan. Meskipun terkadang masih ada sedikit product placement pada tayangan film, namun penempatannya tidak begitu menganggu.

4. Profil ganda, perangkat ganda

Inilah yang dinamakan kenikmatan sesungguhnya yang tidak mungkin bisa Anda temukan pada layanan sejenis. Netflix memungkinkan Anda untuk membuat empat profil berbeda dalam satu akun saja.

Dengan demikian, Anda hanya akan membayar satu akun saja. Namun bisa digunakan oleh empat orang yang berbeda pada waktu bersamaan. Keuntungannya Anda bisa patungan dengan teman atau keluarga untuk membayar biaya langganan di Netflix. Untuk bisa melakukan ini Anda harus memilih layanan Standar (untuk 2 perangkat) atau Premium (untuk 4 perangkat).

Kelebihan Netflix Dibanding Streaming Movie Lainnya

Untuk saat ini para penikmat film layar lebar di Indonesia kian dimanjakan dengan hadirnya berbagai layanan streaming film. Bahkan kini para pemain global streaming movie sekelas Netflix sudah menyediakan layanannya di Indonesia. Bahkan kini nonton Netflix di Indihome pun sudah bisa dilakukan.

Sebenarnya tidak hanya pemain global saja. Pasalnya ada beberapa pemain regional dalam negeri yang turut serta memberikan penawaran menarik. Misalnya saja dari segi harga dan koleksi konten yang ada di dalamnya.

Hampir semua layanan tersebut menyediakan streaming film dan sejumlah serial televisi berkualitas. Nah, untuk Anda yang bingung harus berlangganan layanan yang mana, di bawah ini ada beberapa contoh layanan streaming movie terbaik yang bisa Anda pilih.

1. Netflix

Netflix bisa dikatakan sebagai pelopor penyedia layanan streaming film global. Netflix sendiri sejatinya sudah mulai hadir di Indonesia pada Januari 2016 silam. Wajar saja jika dibanding dengan layanan yang serupa, Netflix dikenal menawarkan lebih banyak pilihan konten dibanding layanan serupa lainnya.

Meskipun jumlah dan jenis konten yang bisa ditonton berbeda-beda di setiap negara. Perbedaan tersebut timbul karena urusan lisensi sejumlah konten. Sehingga ada beberapa konten jenis tertentu yang hanya bisa tayang di negara-negara tertentu saja.

Namun kabar baiknya adalah semua konten ekslusif Netflix yang rata-rata memiliki kualitas bagus bisa ditonton oleh para pelanggan Netflix yang ada di Indonesia. Wajar saja jika sebagian besar pengguna Netflix dunia berada di Indonesia.

2. Amazon Prime Video

Pesaing Netflix ini juga dikenal memiliki koleksi film dan serial televisi yang tidak kalah bagusnya. Selain itu para pelangan Amazon Prime Video juga mendapatkan keanggotaan premium dilayanan streaming game Twitch.

3. Iflix

Untuk menarik pelanggan di Indonesia, Iflix menggandeng sejumlah penyedia internet dan seluler sebagai mitra. Jika Anda tidak menggunakan layanan internet dari mitra iflix, Anda akan dikenakan biaya berlangganan.

4. HOOQ

Layanan streaming asal Singapura ini mulai beroperasi di Indonesia sejak April 2016. Sebelum beroperasi di Indonesia, HOOQ sudah beroperasi di Thailand, Filipina, dan India. Keunggulan dari HOOQ ini adalah film-film komedi lawas dan baru dari Indonesia.

Selain itu, platform ini juga memiliki sejumlah konten ekslusif yang dibuat oleh sineas dalam negeri. Meskipun jika dibandingkan dengan Netflix, koleksi kontennya masih jauh dibanding koleksi konten Netflix.

5. Viu

Untuk Anda yang lebih suka film atau serial televisi dari negara-negara Asia, maka Viu merupakan layanan streaming film yang harus Anda kunjungi. Pasalnya di Viu ini Anda akan dimanjakan dengan koleksi konten dari berbagai negara di Asia.

Selain itu Anda juga bisa menonton sebagian konten di Viu tanpa harus membayar sepeserpun. Sayangnya tayangan gratis tersebut sudah disisipi oleh iklan. Artinya jika Anda ingin mengakses seluruh koleksi konten video dalam Viu, Anda harus membayar biaya berlangganan terlebih dahulu.

6. Catchplay

Layanan streaming movie asal Taiwan ini mengkhususkan diri pada penyewaan film-film layar lebar. Dikarenakan berasal dari Taiwan, situs streaming ini memiliki akses ke sejumlah film berbahasa Mandarin yang relatif lebih banyak.

Untuk bisa menikmati semua koleksi film Catchplay, Anda diharuskan untuk berlangganan paket bulanan. Selain itu layanan streaming ini juga menyediakan layanan sewa film terbaru di luar paket menonton per bulan dengan harga yang cukup terjangkau.

7. Genflix

Sebagai penyedia layanan streaming film buatan perusahaan dalam negeri, cara membayar berlangganan Genflix benar-benar disesuaikan dengan kebiasaan masyarakat Indonesia. Dalam hal ini Anda bisa membayar biaya langganan Genflix lewat berbagai cara. Mulai dari transfer bank hingga membayar lewat kantor pos.

Jika dibanding dengan penyedia layanan streaming film lainnya, biaya langganan Genflix dikatakan yang termurah. Sayangnya jumlah konten yang bisa dinikmati juga lebih terbatas. Apalagi jika dibandingkan dengan Netflix. Meskipun demikian, koleksi film Genflix akan selalu berubah setiap bulannya.

Sampai di sini pastinya Anda sudah memiliki pandangan terkait dengan penyedia layanan streaming movie mana yang akan dipilih. Namun jika boleh memberi saran, Netflix bisa menjadi opsi teratasnya. Pasalnya dibandingkan dengan semuanya, banyak sekali kelebihan Netflix yang belum dimiliki oleh penyedia streaming film sejenis.

Film Original Netflix yang Paling Banyak Ditonton

Bingung nonton film apa di Netflix? Baru-baru ini situs streaming asal AS mengungkapkan 10 film original tersukses yang paling banyak ditonton. Pertanyaannya, apakah Anda sudah menyeksikan semuanya?

  1. Extraction

Di rilis pada April 2020, hingga saat ini Extraction sudah ditonton lebih dari 99 juta pasang mata di seluruh dunia.

  1. Bird Box

Di rilis pada Desember 2018, hingga saat ini Bird Box sudah ditonton lebih dari 89 juta pasang mata di seluruh dunia.

  1. Spenser Confidential

Di rilis pada Maret 2020, hingga saat ini Spenser Confidential sudah ditonton lebih dari 85 juta pasang mata di seluruh dunia.

  1. 6 Underground

Di rilis pada Desember 2019, hingga saat ini 6 Underground sudah ditonton lebih dari 83 juta pasang mata di seluruh dunia.

  1. Murder Mystery

Di rilis pada Juni 2019, hingga saat ini Murder Mystery sudah ditonton lebih dari 73 juta pasang mata di seluruh dunia.

  1. The Irishman

Di rilis pada November 2019, hingga saat ini The Irishman sudah ditonton lebih dari 64 juta pasang mata di seluruh dunia.

  1. Triple Frontier

Di rilis pada Maret 2019, hingga saat ini Triple Frontier sudah ditonton lebih dari 63 juta pasang mata di seluruh dunia.

  1. The Wrong Missy

Di rilis pada Mei 2020, hingga saat ini The Wrong Missy sudah ditonton lebih dari 59 juta pasang mata di seluruh dunia.

  1. The Platform

Di rilis pada Maret 2020, hingga saat ini The Platform sudah ditonton lebih dari 56 juta pasang mata di seluruh dunia.

  1. The Perfect Date

Di rilis pada April 2019, hingga saat ini The Perfect Date sudah ditonton lebih dari 48 juta pasang mata di seluruh dunia.

Netflix Di IndiHome – Itulah beberapa poin penting jika membahas tentang Netflix. Memang harus diakui jika Netflix saat ini masih menjadi situs streaming terbaik di dunia. Dan kabar paling menggembirakannya adalah nonton Netflix di Indihome kini sudah tidak diblokir lagi.

Baca Juga : Test Kecepatan Internet

IndiHome:

This website uses cookies.